SQL Injection pada Situs Media Indonesia

26 March 2020 · 1 min readCategories Write Up
SQL Injection pada Situs Media Indonesia

SQL Injection pada Situs Media Indonesia – Kali ini saya akan membahas tentang SQLi yang saya temukan pada salah satu situs media di Indonesia.

Sebelum melanjutkan, silahkan baca Disclaimer terlebih dahulu. Jika kamu setuju dengan pernyataan disana, silahkan melanjutkan membaca.

SQL Injection pada Situs Media Indonesia

Singkat cerita saya melihat salah satu teman di Facebook membagikan tautan dari redacted.id. Setelah membaca beberapa artikel disana, muncul niat iseng untuk melakukan pentetration testing pada situs tersebut, lol. Okee, kita coba mencari sesuatu disana.

SQL Injection pada Situs Media Indonesia

Setelah cukup lama berkutat pada domain utama, saya mencoba mencari peruntungan pada subdomain store, store.redacted.id. Saya menemukan inject point untuk melakukan SQL Injection. Untuk mempercepat waktu, saya menggunakan SQLMap untuk memastikan apakah url tersebut memang vuln.

sqlmap -u http://store.redacted.id/ajxVoucher --data="vouc_id=123*&proid=1" --dbs

<!– Jika ada beberapa parameter dan hanya salah satu yang bisa menjadi inject point, kamu bisa menambahkan (*) sebagai penanda untuk SQLMap bahwa disanalan inject point berada –>

Dan setelah menunggu beberapa waktu untuk SQLMap melakukan tugasnya, ternyata url tersebut vuln terhadap SQL Injection.

SQL Injection pada Situs Media Indonesia

Kok bisa dapat inject point disitu?

Saya melihat file javascript di bagian bawah halaman, terdapat action request yang digunakan untuk cek voucher (atau apalah itu). Tampak seperti gambar di bawah ini:

SQL Injection pada Situs Media Indonesia

Timeline

  1. Feb 23, 2019 09:36 AM | Mengirim laporan ke redacted.id
  2. Feb 23, 2019 09:50 AM | Menerima balasan redacted.id dari redacted.id jika bug akan segera diperbaiki & meminta alamat untuk pengiriman merchandise.

Note:
Temuan ini adalah temuan lama yang saya temukan beberapa bulan lalu. Karena belum diberikan izin untuk publikasi write up, status write up ini masih draft selama beberapa bulan. Dan karena sampai sekarang belum ada jawaban, saya memutuskan mengubah sekenanya dan tetap mempublish write up ini dengan tidak menampilkan nama situs tersebut.

Cheers, I am Abay and I make things for fun. Gudang Garam and Coffee i can't live without. I love turning exciting ideas into horrible code. And .. i'm a lil' boy currently living Indonesia.
[email protected]

2 thoughts on “SQL Injection pada Situs Media Indonesia

Berikan Komentar