Menjalankan Command Linux di Windows

Kategori Tricks
Menjalankan Command Linux di Windows

Menjalankan Command Linux di Windows – Windows command-line sudah banyak berkembang dengan PowerShell. Tetapi Linux sudah memiliki terminal yang jauh lebih bermanfaat selama bertahun-tahun. Inilah cara untuk mendapatkan yang terbaik dari keduanya, dengan Cygwin, terminal ‘nix-style’ untuk PC Windows.

Sebenarnya saya menemukan Cygwin ini secara tidak sengaja. Karena di satu sisi saya ingin menggunakan terminal Linux, di sisi lain PC yang saya pakai adalah PC keluarga yang tidak mungkin juga kalau keluarga saya menggunakan Linux. Di sisi lain lagi PC yang saya gunakan tidak memungkinkan untuk menjalankan Virtual Machine. Ruwet whoasuuu~

Setelah lama mencari alternatif di Google, saya menemukan Cygwin. Cygwin hadir dengan setup.exe normal untuk menginstal di Windows, tetapi ada beberapa langkah yang perlu kalian perhatikan, jadi saya akan sedikit memandu bagian instalasi. Saya juga baru beberapa hari menggunakan Cygwin, jadi kalau ada salah kata/bahasa teknis yang saya gunakan, mohon dikoreksi.

Instalasi Cygwin

Silahkan download installer pada situs resmi cygwin.com. Pilih sesuai PC kalian. Setelah itu langsung buka setup.exe dan tampilannya akan menjadi seperti ini:

Menjalankan Command Linux di Windows

Untuk menjaga agar instalasi tetap menghemat bandwidth untuk kita dan Cygwin, installer default akan mengunduh file yang kita butuhkan.

Menjalankan Command Linux di Windows

Path instal default adalah C:\Cygwin tetapi jika kita tidak ingin program diinstal di root drive C:, kita dapat mengubah path atau membuat symbolic link dari C:\Cygwin ke file program kita.

Menjalankan Command Linux di Windows

Klik Next hingga datang ke pilihan download mirror. Sayangnya, installer tidak mengatakan di mana mirror itu berada. Jadi dalam kebanyakan kasus kita mungkin juga menebak mirror mana yang paling cocok.

Menjalankan Command Linux di Windows
Setelah Anda memilih mirror, installer akan mengunduh packages yang tersedia untuk diinstal.

Akan ada ratusan packages yang tersedia dipisahkan oleh beberapa kategori berbeda. Jika kalian tidak tahu paket apa itu, kalian bisa menggunakan pilihan default dan menginstal paket tambahan semisal curl, dll.

Menjalankan Command Linux di Windows

Jika kalian tahu packages apa yang kalian butuhkan, kalian dapat mencari dan hasilnya akan disaring secara otomatis.

Setelah kalian mengklik Next, perlu beberapa saat untuk mengunduh semua alat yang dipilih dan kemudian menyelesaikan instalasi.

Menjalankan Command Linux di Windows

Command Linux di Windows

Thumbnail: dribbble/Nozzman


Avatar
Cheers, I am Abay and I make things for fun. Gudang Garam and Coffee i can't live without. I love turning exciting ideas into horrible code. And .. i'm a lil' boy currently living Indonesia.
abay@codelatte.org

Berikan Komentar