Belajar Memperkuat Komunikasi

Kategori Blog
Komunikasi

Komunikasi – Dalam beberapa kasus, kita tentu pernah mengalami saat kita bingung cara berkomunikasi dengan seseorang. Entah itu rekan kerja, teman ngopi atau siapapun itu. Pernah? Biasanya ini terjadi ketika kita baru memulai di tempat yang baru atau masih asing untuk kita.

Saya memiliki beberapa trik tersendiri untuk menguatkan komunikasi diantara saya dan orang lain, terutama pada suatu tempat kerja. Mungkin trik ini bisa kalian terapkan pada orang – orang disekitar 😀

Tetap Ikuti Alur

Dari waktu ke waktu saya harus mengikuti briefing yang membahas konfigurasi dan pengembangan khusus untuk klien tertentu. Banyak informasi yang akan diberikan kepada saya dalam waktu yang sangat singkat. Dengan menuliskan detail dan kata kunci penting selama pengarahan, saya dapat mengikuti alur pembicaraan. Trik ini terdengar seperti hal yang jelas dilakukan, tetapi akan mengejutkan jika kamu tahu betapa mudahnya untuk lupa membuat catatan.

Mencatat tidak hanya membantu kamu saat ini tetapi juga dalam jangka panjang. Detail kecil yang membuat perbedaan besar akan menyelinap di beberapa titik, membaca catatan dari masa lalu bisa sangat membantu.

Tunda Pendapatmu, Utamakan Pendapat Kelompok

Jika kamu pernah mengalami pola-pola tertentu berulang-ulang, tentu sangat mudah untuk mengambil kesimpulan. Sebelum kamu melakukannya, pastikan kamu menerima semua informasi yang harus dikomunikasikan. Sesuatu yang tampak seperti detail kecil bagi manajer proyek dapat membuat perbedaan besar pada apa yang harus kamu bangun. Seseorang mungkin juga datang dengan solusi yang diusulkan yang sepertinya tidak sesuai dengan situasi.

Sebelum kamu memutuskan untuk mengimplementasikan sesuatu yang lebih baik, tanyakan mengapa orang tersebut mengusulkannya. Mengangguk kepala dan melakukan apa yang menurut kamu benar atau lebih cepat bisa menjadi bumerang dan menghabiskan lebih banyak waktu. Selalu pastikan kamu memahami konteks permasalahannya. Komunikasikan kekhawatiran dan alternatif saat kamu memahami gambaran yang lebih besar.

Jelaskan Teknologi pada Tingkat Kompleksitas yang Tepat

Menyesuaikan penjelasan kamu kepada audiens setiap kali kamu harus menjelaskan sisi teknis dari semuanya. Sebagai developer, mudah melupakan berapa banyak akronim dan abstraksi yang kita temui setiap hari. Jika kamu berbicara dengan seseorang yang bukan developer, kemungkinan besar kita harus mengurangi jargonnya. Pastikan jumlah jargon dan detail teknis sesuai dengan lawan bicara kamu. Sering kali perlu waktu untuk mengetahui seberapa nyaman seseorang dengan detail. Beberapa orang yang tahu banyak tentang teknologi dan bisa mengerti saya akan mudah untuk diajak berkomunikasi. Akan jauh lebih mudah untuk berbicara dengan departemen yang berbeda jika kamu bisa menjelaskan dengan tingkat kompleksitas yang berbeda.

Pastikan Semua Orang Ada di Halaman yang Sama

Menganggap semua orang sudah ada di halaman yang sama tepat sebelum briefing berakhir adalah kesalahan besar. Sangat mudah untuk melupakan atau salah mengartikan sesuatu. Sebelum kamu secara kolektif mengakhiri briefing, rangkumlah kesimpulan penting dengan keras dan tanyakan apa ada yang kurang dimengerti. Setelah semua orang setuju, nyatakan apa yang akan dilakukan setiap orang sejak saat ini. Ini menghemat banyak waktu dan menghindari miskomunikasi dalam jangka panjang.

Komunikasi yang jelas adalah bagian sangat penting dari pekerjaan di bidang apa pun. Semoga trik ini bisa menjernihkan komunikasi dengan rekan kerja. Sekian bacotan singkat saya kali ini. Terima kasih sudah mau membaca 😀


Avatar
Cheers, I am Abay and I make things for fun. Gudang Garam and Coffee i can't live without. I love turning exciting ideas into horrible code. And .. i'm a lil' boy currently living Indonesia.
abay@codelatte.org

Berikan Komentar