Apa Itu React JS serta Kelebihan dan Kekurangannya

8 April 2021 · 4 min readKategori Ads
Apa Itu React JS, serta Kelebihan dan Kekurangannya

Apa Itu React JS, serta Kelebihan dan Kekurangannya – Para konsultan software tentu tidak asing lagi dengan React JS, karena library satu ini memiliki peran besar dalam perkembangan user interface, baik pada situs dan aplikasi. Namun, masih banyak yang tidak paham apa itu React JS, apalagi kelebihan dan kekurangannya.

Apa itu React JS?

React js adalah sebuah library javascript yang dapat Anda akses dengan bebas. Jadi, siapa saja dapat mengakses library tersebut dengan mudah. Kode javascript ini bisa Anda gunakan semuanya langsung atau dengan sedikit perubahan.

Javascript merupakan bahasa pemrograman yang berguna untuk membuat tampilan website menjadi lebih cantik. Misalnya saja tampilan slide, pop up dan tampilan menarik lainnya bisa Anda buat melalui javascript tersebut.

Jadi, dengan bantuan React JS, maka proses coding menjadi jauh lebih sederhana. Anda tidak perlu membuat kodenya dari awal, tetapi tampilan website dapat menjadi lebih menarik, sehingga hal ini cocok untuk membuat user interface (UI) yang interaktif.

Jika UI website bagus, maka para user akan suka mengunjungi situs tersebut. Akibatnya, trafik meningkat dan tujuan website Anda (baik itu menyebarkan konten informasi, jual produk dan jasa, dan lainnya) dapat tercapai dengan baik

Baca juga: Cloud Hosting Indonesia Bayar Bulanan

Kelebihan React JS

Para pengguna framework ini sangat mengenal sejarah React JS, karena yang mencetuskannya pertama kali adalah Facebook. React JS ini memiliki berbagai kelebihan yang menarik untuk Anda ketahui, seperti:

  1. Memahaminya Lebih Mudah
    Keunggulan pertama dari React JS adalah penulisan coding-nya yang deklaratif. Oleh karena itu, Anda bisa memahami kode javascript yang ada dengan mudah. Terutama ketika memeriksa kesalahan pada penulisan kode, sehingga proses debugging menjadi lebih mudah.

    Melalui framework yang sama Anda bisa membuat tampilan web atau aplikasi yang menarik, tetapi tetap sederhana.
  2. Fitur JSX
    Ketika memakai react, Anda bisa menginput syntax HTML pada javascript tersebut. Namun, hal ini tidak bisa Anda lakukan begitu saja karena harus ada perantara alat lainnya.

    Akan tetapi, React JS justru memiliki fitur JSX yang merupakan javascript extension, sehingga input syntax dapat Anda lakukan. Jika javascript yang Anda edit ingin terbaca oleh browser, maka Anda membutuhkan alat bentu berupa compiler seperti BABEL JS dan lainnya.
  3. Pemakaian Berulang
    Kelebihan lainnya dari framework ini adalah bisa Anda bisa memakainya kembali dengan bebas. Anda bisa mengambil semua bagian coding javascript atau sebagian saja. Kemudian, Anda tinggal mengembangkannya sesuai kebutuhan masing-masing.

    Hal ini akan menghemat banyak waktu dalam membuat UI yang Anda inginkan. Akibatnya, pekerjaan menjadi lebih cepat selesai dan biaya project dapat Anda potong semaksimal mungkin.
  4. Scalable
    Kelebihan lain dari React JS adalah bisa Anda pakai untuk project baik skala besar atau kecil. Selain itu, framework dapat menampilkan perubahan data yang terjada secara kompleks dengan lengkap dan akurat.

    Kemudian, dalam proses pembuatannya Anda bisa membuat bagian-bagian kecil terlebih dahulu secara terpisah. Lalu, Anda gabungkan menjadi satu bagian utuh. Hal ini sangat penting karena project tersebut bisa Anda bagi sekaligus mengurangi beban perangkat PC atau laptop.
  5. SEO Friendly
    Keunggulan belajar React JS lainnya framework ini mendukung SEO. Jika Anda memakai library javascript lainnya maka hasilnya tidak akan sebagai ketika memakai React JS. Karena javascript yang Anda pakai dari library ini dapat langsung diterima browser sebagai halaman situs pada umumnya.

Baca juga: Tirto Bug Bounty: Misconfigurasi pada Server Tirtoid

Kekurangan React JS

Walaupun memiliki banyak kelebihan, ternyata React JS juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain:

  1. Kompatibilitas
    Library javascript ini dapat Anda gunakan untuk browser versi terbaru dan tidak bisa pada versi lama. Jadi, Anda harus update Google Chrome, Mozilla Firefox dan browser lainnya terlebih dahulu agar dapat memakai framework ini. Oleh karena itu, perhatikan hal ini dengan seksama sebelum memakai react.
  2. Dokumentasi Berantakan
    Kekurangan lainnya dari react adalah dokumentasinya yang terlihat berantakan. Berbeda dengan framework lainnya yang secara umum lebih rapi bahkan ada yang tidak lengkap.

    Walaupun demikian, framework ini dapat Anda pakai dengan baik karena mempelajarinya cukup mudah. Terutama jika Anda rajin dan semangat mempelajarinya maka editing javascript akan terasa lebih mudah.
  3. View Layer
    React JS merupakan library javascript dalam bentuk view layer. Walaupun penggunaannya sangat mudah, tetapi framework ini tidak cocok untuk membangun aplikasi yang besar.

    Jadi, Anda tetap harus melengkapinya dengan router, data layer, struktur dan lainnya secara terpisah. Anda bisa memakai library luar untuk melengkapi hal tersebut. Namun, hal ini tidak praktis dan akan menyulitkan para pengguna baru.

Beberapa Fitur React JS

Library javascript ini memiliki beberapa fitur unggulan yang dapat Anda nikmati. Adapun fitur tersebut antara lain:

  1. JSX
    Merupakan extension javascript yang berguna dalam input syntax HTML. Jadi, dengan fitur ini Anda dapat melakukan edit javascript dengan lebih rinci. Namun, hal ini tidaklah mudah dan Anda harus mempelajari hal ini dengan seksama sebelum dapat memakainya dengan maksimal.
  2. Virtual DOM
    Fitur ini akan membuat salinan DOM tertentu yang ingin Anda update. Proses ini berguna untuk kolom komentar pada website. Ketika memakai fitur ini pada struktur React JS. Maka, tampilan yang berubah hanya pada kolom komentar saja dan bagian lainnya tidak.

    Hal ini sangat berpengaruh karena mengurangi proses reload halaman situs. Dampaknya, performa website menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Setelah mengenal dengan baik apa itu React JS, kelebihan dan kekurangannya. Maka, sekarang Anda memahami betapa pentingnya framework tersebut.

Mukhammad Akbar
Cheers, I am Abay and I make things for fun. Gudang Garam and Coffee i can't live without. I love turning exciting ideas into horrible code.

Berikan Komentar