Alasan Memilih Web Hosting Lokal Indonesia daripada Hosting Luar

16 Juni 2020 · 2 min readKategori Blog
Alasan Memilih Web Hosting Lokal Indonesia daripada Hosting Luar

Alasan Memilih Web Hosting Lokal Indonesia daripada Hosting Luar – Sebelum kamu memutuskan untuk membeli web hosting, pasti ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Salah satu yang terpenting adalah lokasi hosting yang digunakan.

Saya pribadi sangat berpikir dua kali untuk memakai layanan dari penyedia hosting dari luar negeri. Alasan utama saya enggan menggunakan penyedia hosting luar negeri adalah pembayaran.

Jangan bilang saya ngga tau cara bayar invoice dari luar negeri ya. Sumpah saya tau caranya bayar ke bule.

Alasan Memilih Web Hosting Lokal Indonesia daripada Hosting Luar

Selain masalah pembayaran, ada beberapa hal lain yang jadi pertimbangan kenapa saya lebih memilih menggunakan layanan dari penyedia hosting lokal. Saya sudah menyiapkan beberapa alasan memilih Web Hosting Lokal Indonesia daripada Hosting Luar.

1. Kecepatan akses

Kamu harus tau kalau semakin jauh lokasi server, semakin lambat juga website diakses oleh pengunjung. Nah, menggunakan layanan web hosting dari luar berarti lokasi server yang digunakan juga berada di luar negeri. Dengan kata lain, server tersebut jauh dari lokasi pengunjung website kita yang berasal dari Indonesia.

Efeknya apa? Pastinya website kita akan lebih lambat saat diakses dibandingkan jika menggunakan hosting lokal. Apalagi saat #dirumahaja

2. Kemudahan Pembayaran

Nah ini yang saya bahas di atas. Hosting yang berada di luar negeri tentu tak akan menerima pembayaran dari bank- bank lokal, dompet digital, apalagi Indomaret. Sebab, selain beda mata uang, sistem pembayarannya juga tidak sama. Jadi, Anda diharuskan menggunakan PayPal yang cukup ribet buat orang awam.

Masalah pembayaran pasti lebih mudah jika kita menggunakan layanan dari penyedia hosting lokal. Jika menggunakan hosting lokal, kita bisa melakukan transfer melalui ATM/mobile banking, menggunakan dompet digital favorit, atau lewat kasir di Indomaret sebelah.

3. Customer Service Sehati

Customer support ini alasan kedua kenapa saya lebih memilih hosting lokal. Mereka ini yang akan membantu segala masalah kita kalau terjadi sesuatu dengan hosting yang kita beli. Maka dari itu, CS harus sehati agar Anda bisa berkomunikasi dengan lancar. Tak ada perbedaan bahasa ataupun perbedaan zona waktu.

Coba bayangkan jika kita ada masalah dan bingung menjelaskannya kepada CS karena kurang mahir bahasa Inggris. Atau saat kita menghubungi CS di siang hari dan ternyata kantor hosting itu tutup karena di sana jam tiga pagi. Masalah-masalah ini tak mungkin terjadi dengan web hosting lokal Indonesia.

4. Bisa Mengunjungi Kantornya Langsung

Terkadang, ada gangguan pada sistem customer support penyedia hosting kita. Sehingga kita tidak bisa menghubunginya dengan cara apapun. Entah itu dari email, hingga telepon sekalipun. Nah, jika menggunakan hosting luar, kita cuma bisa pasrah menunggu walaupun website sedang error.

Tapi, jika kita menggunakan hosting lokal, kita bisa mengunjungi kantornya langsung untuk komplain. Bahkan biasanya, komplain langsung seperti ini akan lebih cepat ditangani.

5. Harga Lebih Murah

Karena adanya pandemi COVID-19, dollar tidak stabil nilai tukarnya dengan rupiah. Hari ini 14 ribu, besoknya bisa tembus 15 ribu. Sehingga harga web hosting luar jatuhnya bisa lebih mahal daripada harga biasanya.

Masalah naik-turunnya harga ini tentu tak akan terjadi dengan hosting lokal. Hasilnya, harga web hosting lokal bisa lebih murah daripada hosting luar. Apalagi, banyak promo domain dan hosting berkualitas yang akhir-akhir ini diberikan oleh beberapa hosting lokal. Pasti tambah murah!

Ternyata web hosting lokal memberikan banyak sekali kelebihan yang tidak dimiliki oleh hosting luar, kan? Mulai dari lebih cepat akses oleh pengunjung, pembayaran yang tidak ribet, kemudahan komunikasi dengan CS, hingga harga lebih murah karena tidak menggunakan dollar. Bagaimana? Apakah kamu juga mau menggunakan hosting lokal seperti saya?

Thumbnail: dribbble.com/TarasIvanytskyi

Cheers, I am Abay and I make things for fun. Gudang Garam and Coffee i can't live without. I love turning exciting ideas into horrible code. And .. i'm a lil' boy currently living Indonesia.
[email protected]

Berikan Komentar